Social Icons

Pages

Minggu, 16 Juni 2013

Kemoreseptor pada Udang Galah


               Pada hewan yang hidup di perairan, organ kemoreseptor biasanya digunakan dalam mendeteksi dan menyeleksi makanan yang berada di dalam air. Salah satu hewan yang menggunakan organ kemoreseptornya untuk mencari dan menyeleksi makanannya yaitu udang galah (Macrobrachium rosenbergii). Penggunaan udang ini karena memiliki daya tahan hidup yang tinggi, dan memiliki antenulla yang lengkap dan panjang.
Percobaan ini menggunakan 3 perlakuan yaitu pemotongan antenulla pertama, pemotongan antenulla kedua, dan tanpa pemotongan (sebagai control). Pemotongan antenulla tersebut bertujuan untuk melihat pengaruh dari pemotongan antenulla ke 1, ke 2, dan control terhadap reaksi udang pada pakan berupa pellet yang diberikan. Pellet akan diberikan dibagian tengah akuarium agar pellet dapat menyebar merata di dalam air akuarium sehingga memudahkan udang dalam responnya terhadap pellet tersebut.
Dari hasil percobaan, dapat diketahui bahwa adanya pengaruh terhadap pemotongan antenulla pada udang terhadap pakan. Pada reaksi udang mengelilingi pakan, diketahui bahwa pemotongan antenulla ke 1 tidak memberikan respon tetapi saat pemotongan antenulla yang ke 2 udang memberikan respon. Ini dikarenakan antenulla ke 1 udang mempunyai respon yang lebih tinggi dibanding yang kedua, sehingga saat pemotongan antenulla ke 1 udang tidak merespon tetapi sebaliknya ketika pemotongan antenulla ke 2 udang menanggapi respon. Untuk perlakuan kontrol, udang memberikan respon yang sedikit lebih lama dibandingkan dengan pada pemotongan antenulla ke 2. Ini mungkin dikarenakan penangkapan respon mengalami pembagian, antenulla yang ke 1 menanggapi respon pakan dan yang ke 2 menanggapi respon yang lainnya misalnya suhu atau arus air sehingga melakukan proses yang sedikit lebih lama.
Pengamatan respon yang kedua yaitu melihatnya dalam menemukan pakan. Rata-rata udang lebih cepat menemukan pakan ketika antenula ke 1 dipotong dan udang control dibandingkan dengan udang dengan pemotongan antenulla ke 2. 


http://luqmanmaniabgt.blogspot.com/2012/07/laporan-fungsi-kemoreseptor-pada-hewan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates