Social Icons

Pages

Minggu, 16 Juni 2013

BIOLOGI PERIKANAN DALAM KOMODITAS UDANG & KAITAN BIOLOGI PERIKANAN DALAM KOMODITAS UDANG


                  Lahan di sepanjang garis pantai bagi Indonesia masih meyimpan potensi yang masih terpendam dan perlu digali lebih lanjut melalui strategi pengembangan yang benar-benar terarah melalui program intensifikasi dan ekstensifikasi lahan. Salah satu upaya untuk mendukung program tersebut, khususnya di sektor perikanan dan kelautan adalah dengan melalui pengembangan tambak udang pada area yang telah dianggap layak baik secara sumberdaya lahan dan perairan maupun teknologi budidaya udang. Udang merupakan komoditas unggulan yang mempunyai nilai ekspor terbesar (sekitar 21 %) dari nilai perdagangan dunia hasil perikanan. Bagi Indonesia, udang merupakan komoditi ekspor andalan dengan sumber perolehan devisa mengingat lebih dari 50 % dari total ekspor hasil perikanan bersumber pada komoditas ini.
Produksi udang di Indonesia dihasilkan dari penangkapan di laut dan budidaya tambak, yang sebagian besar diekspor ke Jepang, Hongkong, Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Sejak bulan Juli 2001 udang hasil tangkapan dilarang masuk ke AS, yang terhadap harga jual udang oleh pembudidaya turun lebih dari 50 % dari harga biasanya. Penurunan harga udang ini juga dipicu antara lain karena adanya gejala resesi ekonomi dunia, isu lingkungan khususnya untuk penangkapan udang yang tidak menggunakan TED, pengetatan persyaratan mutu produk yang dilakukan oleh negara-negara importir khususnya Amerika dan Eropa.
Potensi sumberdaya yang sangat besar menjadikan peluang yang besar dalam pengembangan budidaya udang di Indonesia. Namun demikian, tantangan yang dihadapi dalam pengembangan budidaya udang ini juga tidak kalah besarnya. Hal ini menuntut upaya berbagai pihak, baik Pemerintah, Pembudidaya, Swasta maupun Stakeholder lainnya untuk bersama-sama menanggulangi tantangan tersebut, agar potensi yang sangat besar tersebut tidak hanya menjadi peluang, tetapi secara nyata dapat dimanfaatkan dan dikelola secara baik untuk meningkatkan konstribusinya dalam pembangunan nasional.


                 Biologi perikanan adalah ilmu yang mendasarkan diri pada biologi ikan dan ilmu-ilmu lainnya, kemudian dipadu dan diterapkan untuk pemanfaatan dan pengelolaan perikanan dengan tujuan melindungi sumberdaya perikanan sehingga manusia dapat memanfaatkannya secara optimal, berkelanjutan, dan selalu memperhatikan aspek kelestarian. Dengan mempelajari biologi perikanan kita dapat mengetahui dasar untuk pemanfaatan dan pengelolaan perikanan khususnya udang, meliputi aspek umur, pertumbuhan, reproduksi, populasi, dan kendala-kendala pengelolaan yang dialami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates